Dua Profesor Seoul Women’s University Berbagi Ilmu di ITERA

Dari Biodiversitas Sumatera untuk Indonesia

Dua Profesor Seoul Women’s University Berbagi Ilmu di ITERA

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan studium generale dengan mengundang dua profesor asal Seoul Women’s University (SWU) Korea Selatan sebagai pembicara. Prof. Myoung Kyum Kim dan Prof. Myoung Sook Kim dari SWU menjadi dua pemateri membagikan keilmuannya di hadapan peserta stadium generale yang digelar di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU) , Kamis (27/6/2019). Selain kedua pembicara turut hadir perwakilan SWU Korea Selatan, Prof. Jung Ho Bang.

Dalam pemaparanya Prof. Myoung Kyum Kim menyampaikan materi bertajuk Genome Era atau kemajuan ilmu pengetahuan dan penelitian seputar genetik makhluk hidup. Prof. Myoung Kyum Kim menjelaskan spesies -spesies bakteri baru yang ditemukan di Korea lewat bernagai penelitian para ahli. Ia juga menyebut, saat ini, di Korea pengetahuan tentang genetik makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan hingga tumbuhan dimanfaatkan  sebagai sumberdaya penelitian dan komersial, salah satunya untuk penunjang perkembangan dunia medis dan pengobatan berbagai penyakit.

Sementara Prof. Myoung Sook Kim banyak memaparkan materi seputar perkembangan perekonomian di Korea Selatan, dan peran perempuan Korea dalam bidang perekonomian.  Prof. Myoung Sook Kim juga menerangkan peran SWU yang merupakan Universitas khusus perempuan di Korea dalam memperkuat serta mengembangkan pola pikir dan kepercayaan diri perempuan. Selain itu, SWU juga menyiapkan perempuan untuk menjadi pemimpin masa depan.

Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas kehadiran para delegasi asal Seoul Women’s University di ITERA. Rektor juga menyampaikan bahwa ITERA adalah perguruan tinggi yang tengah berkembang dengan jumlah mahasiswa yang terus bertambah, dan terus membangun infrastruktur penunjang kegiatan akademik ataupun non akademik.

Rektor berharap kehadiran para delegasi dari SWU selain memberikan pengetahuan baru lewat studium generale juga bisa terus bekerjasama dengan ITERA dalam berbagai hal seperti pertukaran mahasiswa dan dosen serta melakukan penelitian bersama.

“Kerja sama antara ITERA dengan berbagai perguruan tinggi internasional, termasuk SWU Korea ini merupakan langkah percepatan kami untuk meningkatkan kualitas SDM, terutama tenaga dosen. Kami terus mendorong agar dosen segera melanjutkan studi doktor ke universitas-universitas di luar negeri, yang memang sudah bermitra dengan ITERA,” ujar Rektor, usai acara.

Sementara Direktur ITERA International Office Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D. menyebut, stadium generale yang menghadirkan para profesor asal Seoul Women’s University adalah tindak lanjut kerjasama yang telah dilakukan antara ITERA dengan SWU. Ke depan, ITERA dan SWU juga akan melakukan kegiatan lain, seperti KKN internasional melibatkan mahasiswa ITERA dan SWU, serta pertukaran pelajar dan program pendidikan bagi para dosen.

Selain dengan SWU, ITERA juga sedang mengagendakan untuk menggelar kegiatan serupa dengan menghadirkan pemateri dari beberapa perguruan tinggi internasional, seperti dari Zegreb University, Kroasia, NTUST Taiwan, NAIST dan beberapa perguruan tinggi di Jepang, serta Auckland University of Technology, New Zeland.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *