Dosen Biologi ITERA Bagikan Pengalaman Kelola Praktikum Daring dalam Sarasehan Nasional

Dosen Biologi ITERA Bagikan Pengalaman Kelola Praktikum Daring dalam Sarasehan Nasional

ITERA NEWS. Perwakilan Dosen Program Studi Biologi Institit Teknologi Sumatera (ITERA) Ika Agus Rini, S.Si., M.Si., menjadi pemateri dalam Sarasehan Nasional Daring: Pengenalan Model-Model Praktikum Biologi di Masa Pandemi Covid-19, yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Kamis, 4 Maret 2021. Dalam kesempatan tersebut, Ika membagikan pengalaman mengelola praktikum biologi selama perkuliahan daring di ITERA.

Sarasehan ini merupakan ruang akademik bagi pendidik, dosen, calon pendidik, pemerhati dan praktisi di bidang biologi dan pendidikan biologi untuk mempersilangkan gagasan maupun menyajikan hasil penelitian tentang praktikum biologi di masa pandemi. Kegiatan ini bermaksud untuk menjaring ide, wacana, serta acuan praktis model-model praktikum, yang kemudian dapat dihimpun menjadi kumpulan penuntun praktikum biologi di masa pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, dosen Biologi ITERA, Ika Agus Rini, S.Si., M.Si., menyampaikan, sebagai kampus baru, ITERA juga perlu banyak beradaptasi dengan kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19, termasuk dalam perkuliahan dan praktikum yang diselenggarakan secara daring. Untuk itu setiap dosen dituntut untuk kreatif, dalam mengelola perkuliahan dan praktikum. “Sebagaimana kita ketahui perkuliahan Biologi kurang afdol jika tidak ada praktikum, untuk itu kami menyiasati dengan praktikum secara full online, dan semi online,” ujar Ika.

“Di Prodi Biologi ITERA, praktikum dilakukan melalui sebuah proyek kecil, dengan meminta mahasiswa melakukan praktikum dari rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.”

Di Prodi Biologi ITERA, praktikum dilakukan melalui sebuah proyek kecil, dengan meminta mahasiswa melakukan praktikum dari rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Untuk tahap awal sebelum melakukan praktikum daring dosen melakukan survei, terkait sarana dan prasarana, seperti alat-alat yang bisa digunakan praktikum yang dimiliki mahasiswa. Selanjutnya setelah memiliki data, maka akan dipetakan jenis praktikum setiap mahasiswa. Selanjutnya di akhir dibuat vedeo tutorial yang dapat menjadi acuan mahasiswa untuk melakukan praktikum.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai perwakilan yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, SMP Negeri 3 Margahayu Bandung, Universitas Pasir Pangaraian, Uhamka Jakarta, Universitas Negeri Medan, Institut Teknologi Sumatera, UIN Raden Intan Lampung, SMP Negeri 4 Lembang Bandung, IAIN Kudus, Universitas Pasir Pangaraian, Universitas Lampung. (Rilis/Humas)

Leave a Reply