PROFIL
PROGRAM STUDI BIOLOGI

Apa Itu Program Studi Biologi ITERA?

Program Studi Biologi merupakan program studi ke-13 yang di buka oleh Institut Teknologi Sumatera. Sejak tahun 2017, Program Studi Biologi telah mulai berkontribusi dalam menghasilkan sarjana biologi Indonesia yang berkualitas dengan bekal pengetahuan biologi modern terutama pada peran pentingnya dalam eksplorasi biodiversitas alam Sumatera dengan biosains sebagai fokus keilmuannya sehingga dapat menunjang pengembangan bioteknologi yang melibatkan bidang keahlian seperti biosistematika, evolusi, biologi sel dan molekuler, biologi mikroba, dan biologi lingkungan.

Apa yang Kami Kerjakan?

Program Studi Biologi berkonsentrasi pada eksplorasi dan kajian-kajian prospektif terhadap keragama hayati yang terkandung di Pulau Sumatera. Konsentrasi kajian dan eksplorasi tersebut diimplementasikan dalam tiga aspek, yakni:

  • Melaksanakan pendidikan dengan kurikulum yang telah dirancang dengan baik bersama seluruh civitas akademika Program Studi Biologi dan stake holder terkait demi menghasilkan sarjana biologi Indonesia yang berkualitas.
  • Melakukan kajian dan penelitian yang terkonsentrasi pada keanekaragaman hayati Pulau Sumatera.
  • Menjawab permasalahan- permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, sehingga menyediakan solusi dengan basis kajian biologi dan terapannya.

Visi Program Studi Biologi ITERA

“Prodi Biologi ITERA mendidik untuk menghasilkan profesional yang berkontribusi dalam menghasilkan jawaban bagi tantangan saat ini dan masa depan dengan pengembangan dan penerapan ilmu hayati berbasis sumber daya Sumatera dengan mempertahankan tanggung jawab sosial, personal, dan etik”

Misi Program Studi Biologi ITERA

“Program Studi Biologi mendidik dan meneliti untuk memberikan pemahaman lebih pada sistem kehidupan bagi pemanfaatan sumber daya hayati melalui inovasi teknologi bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat lokal dan global”

"Biodiveristy is the greatest treasure we have, Its diminishment is to be prevented at all cost"
Thomas Eisner
Entomologist